SOSIALISASI PEMANFAATAN NILAI EKOLOGI EKOSISTEM MANGROVE DI SMKN 10 PADANG
Keywords:
Mangrove, Sosialisasi, Pemanfaatan, PembelajaranAbstract
Media pembelajaran menjadi komponen yang sangat penting dalam menyalurkan pesan, dapat merangsang fikiran, perasaan, dan kemauan peserta didik sehingga dapat mendorong terciptanya proses belajar pada peserta didik. Penggunaan media pembelajaran seringkali menggunakan prinsip penanaman pengalaman bagi peserta didik sehingga dengan kondisi tersebut peserta didik akan lebih memahami secara kompleks tentang konsep yang akan ditanamkan oleh guru serta dapat menerapakannya dalam kehidupan sehari-hari. Kondisi ini jika dihubungkan dengan tujuan pelestarian kawasan pesisir maka pemanfaatan kawasan mangrove sebagai media dan sumber belajar dapat menjadi salah satu strategi yang tepat dalam rangka pelestarian sumberdaya pesisir yang berkelanjutan. Sosialisasi model dan metode pembelajaran yang memanfaatkan kawasan mangrove sebagai media dan sumber belajar. Metode yang digunakan adalah pendampingan dalam observasi lapangan, presentasi dan diskusi. Penguatan kelembagaan pada metode etode yang digunakan adalah kerjasama antara tim pengabdian dan pihak sekolah dalam mengimplementasikan program yakni pemanfaatan mangrove sebagai media dan sumber belajar. Setelah dilakukan pengabdian wawasan peserta didik bertambah terkait dengan. sebagai nilai ekologi ekosistem mangrove menjadi salah satu tambahan belajar untuk membantu meningkatakan pemahaman peserta didik. Penanaman yang melibatkan taruna/i akan menumbuhkan rasa cinta sejak dini kepada mangrove. Anak-anak perlu diberikan pemahaman tentang manfaat mangrove bagi kehidupan makhluk hidup di sekitarnya dan mempelajari bagaimana mangrove itu bertumbuh.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Eni Kamal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Pernyataan Hak Cipta dan Lisensi
Hak Cipta :
Penulis yang mempublikasikan naskahnya pada Jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
Hak cipta pada setiap artikel adalah milik penulis.
- Penulis mengakui bahwa Jurnal Implementasi Riset (IRIS) berhak sebagai yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif dari naskah yang telah terbit di jurnal ini ke dalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi kedalam buku, dan lain-lain), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Jurnal Implementasi Riset (IRIS).
Lisensi :
Jurnal IRIS diterbitkan berdasarkan ketentuan Creative Commons Attribution 4.0 International License. Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun, menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial, selama mereka mencantumkan kredit kepada Penulis atas ciptaan asli.