WORKSHOP IMPLEMENTASI LITERASI DAN NUMERASI DALAM PEMBELAJARAN BAGI GURU-GURU SMA NEGERI 1 ULAKAN TAPAKIS
Abstract
SMAN 1 Ulakan Tapakis baru saja mendapatkan kepala sekolah yang baru saat tim PKM FKIP melakukan kunjungan observasi ke sekolah tersebut. Banyak rencan dan ide pengembangan yang akan beliau lakukan ditempat bertugas beliau yang baru ini, seperti peningkatan jumlah lulusan yang melanjutkan studi ke perguruan tingga terutama ke akdemik kedinasan yang ada di dekat sekolah. Salah satu yang urgen yang harus dilakukan adalah meningkatkan kemampuan literasi numerasi siswa. Sebagai Langkah awal beliau meminta tim PKM Prodi PMAT untuk memberikan pencerahan bagi guru guru dalam hal kemampuan literasi numerasi. Oleh karena itu, tim PKM PMAT FKIP Universitas Bung Hatta akan melakukan pengabdian dengan memberikan workshop mengenai peningkatan kemampuan literasi numerasi bagi guru SMAN 1 Ulakan Tapakis secara luring. Berdasarkan evaluasi yang dilakukan diperoleh tingkat kepuasan peserta terhadap pelatihan yang dilakukan adalah 86,02% yang masuk pada kategori Baik.
Kata Kunci: guru, literasi numerasi, SMA
ABSTRACT
SMAN 1 Ulakan Tapakis had just got a new principal when the PKM FKIP team made an observation visit to the school. There are many plans and development ideas that he will carry out in his new place of duty, such as increasing the number of graduates who continue their studies at tertiary institutions, especially at the official academic academy near the school. One of the urgent things that must be done is to improve students' numeracy literacy skills. As a first step, he asked the PMAT Study Program PKM team to provide enlightenment for teachers regarding numeracy literacy skills. Therefore, the PKM PMAT FKIP Bung Hatta University team will provide service by providing workshops on improving numeracy literacy skills for SMAN 1 Ulakan Tapakis teachers offline. Based on the evaluation carried out, it was found that the level of participant satisfaction with the training carried out was 86.02% which was in the Good category.
Keywords: teacher, high school numeracy literacy
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Syukma Netti, Susi Herawati, Niniwati, Fazri Zuzano, Khairuddin, Rita Desfitri, Listy Vermana, Puspa Amelia, Yusri Wahyuni, Fauziah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Pernyataan Hak Cipta dan Lisensi
Hak Cipta :
Penulis yang mempublikasikan naskahnya pada Jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
Hak cipta pada setiap artikel adalah milik penulis.
- Penulis mengakui bahwa Jurnal Implementasi Riset (IRIS) berhak sebagai yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif dari naskah yang telah terbit di jurnal ini ke dalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi kedalam buku, dan lain-lain), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Jurnal Implementasi Riset (IRIS).
Lisensi :
Jurnal IRIS diterbitkan berdasarkan ketentuan Creative Commons Attribution 4.0 International License. Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun, menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial, selama mereka mencantumkan kredit kepada Penulis atas ciptaan asli.