PENYULUHAN MODEL BERMAIN DALAM PEMBELAJARAN ATLETIK PADA RUANG LINGKUP PERMAINAN DAN OLAHRAGA DALAM PENINGKATAN KEBUGARAN JASMANI SISWA PAKET C SPNF SKB PADANG PARIAMAN
Keywords:
Gaya Hidup SehatAbstract
Tingkat kebugaran masyarakat Indonesia semakin mengkawatirkan, hanya 5,86% masyarakat yang memiliki tingkat kebugaran yang baik, dan sisanya sekitar 76% memiliki tingkat kebugaran yang rendah hingga sangat rendah. Data ini diperoleh dari Laporan Nasional Sport Development Index (SDI) tahun 2021. Untuk meningkatkan kebugaran tubuh adalah dengan berolahraga. Sedangkan kesadaran dan kebiasaan masyarakat Indonesia untuk berolahraga masih sangat rendah. Kesadaran masyarakat untuk berolahraga dapat dimunculkan dengan bentuk olahraga yang variatif, inovatif, menyenangkan dan dapat dimulai sejak usia anak-anak. Hal ini dapat terlaksana jika semua stake holder mulai dari guru, dosen, pemerintah, dan masyarakat mau bekerjasama dalam membudidayakan olahraga.
Masyarakat perlu diberikan edukasi tentang manfaat memilki tingkat kebugaran yang sangat baik, contohnya adalah meningkatkan daya tahan tubuh (imune), tubuh mampu melakukan aktivitas dalam waktu yang lebih lama, menjaga bentuk postur tubuh, menjaga tubuh dari resiko cidera, dan lain-lain. Edukasi tentang manfaat dari berolahraga belum cukup untuk mengajak masyarakat mau berolahraga. Olahraga pada umumnya, memiliki bentuk gerakan yang monoton, sehingga masyarakat tidak tertarik untuk berolahraga. Jadi, diperlukan suatu trobosan untuk mendesain olahraga menjadi suatu aktivitas yang menyenagkan. Selain dari pada itu, bentuk olahraga yang akan dilakukan memiliki banya variasi dan dikombinasikan dalam bentuk permainan.
Penulis mendisain program latihan yang telah dikombinasikan dalam bentuk permainan. Program ini diuji cobakan pada salah satu Sekolah Menengah Pertama yang ada di kota Pariaman. Dari hasil pengamatan, program ini berjalan dengan baik dan siswa terlihat sangat senang melakukan program tersebut. Selain dari pada itu, desain program latihan ini tidak mengganggu tujuan pembelajaran yang telah dibuat oleh guru di Sekolah sebelumnya. Sehingga, keunggulan dari program ini adalah siswa mencapai tujuan pembelajarannya dan dapat meningkatkan kebugaran dari siswa tersebut. Penulis meyakini bahwa, program ini tidak hanya bermanfaat bagi siswa, namun juga dapat bermanfaat bagi masyarakat Indonesia. Bentuk program latihan yang menarik diharapkan dapat menjadi daya tarik bagi masyarakat untuk mau berolahraga. Selain dari pada itu program ini diharapkan dapat menjadi solusi untuk masalah yang sedang terjadi di Indonesia terkait dengan tingkat kebugaran jasmani.
Adapun solusi yang ditawarkan adalah, memberikan pelatihan modifikasi bermain dalam meningkatkan kebugaran. Luaran dalam pelatihan ini adalah luaran wajib PKM Satu artikel ilmiah yang dipublikasikan di jurnal nasional, dan Video kegiatan dengan durasi maksimum 5 menit.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 ali mardius, Alfiqroam Kumar, Ary Suud Cahyo Alben

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Pernyataan Hak Cipta dan Lisensi
Hak Cipta :
Penulis yang mempublikasikan naskahnya pada Jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
Hak cipta pada setiap artikel adalah milik penulis.
- Penulis mengakui bahwa Jurnal Implementasi Riset (IRIS) berhak sebagai yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif dari naskah yang telah terbit di jurnal ini ke dalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi kedalam buku, dan lain-lain), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Jurnal Implementasi Riset (IRIS).
Lisensi :
Jurnal IRIS diterbitkan berdasarkan ketentuan Creative Commons Attribution 4.0 International License. Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun, menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial, selama mereka mencantumkan kredit kepada Penulis atas ciptaan asli.