Program Bimbingan Konseling Integratif untuk Mengatasi Masalah Psikologis dan Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa SMAN 3 Pariaman
Keywords:
Bimbingan Konseling, Teknik Konseling Positif, Motivasi Belajar, Manajemen Stres.Abstract
SMA Negeri 3 Pariaman, salah satu sekolah menengah atas terkemuka di Kota Pariaman, Sumatera Barat, menghadapi beberapa permasalahan mendasar terkait layanan Bimbingan Konseling (BK) dan kesejahteraan psikologis siswa. Permasalahan tersebut meliputi keterbatasan sumber daya manusia, sehingga layanan yang diberikan kurang optimal. Selain itu, tingginya tingkat stres akademik juga menjadi masalah serius, di mana siswa sering merasa cemas dengan tuntutan akademik,sehingga berdampak pada menurunnya motivasi belajar. Di sisi lain, minimnya pemahaman siswa tentang manfaat layanan BK menyebabkan partisipasi dalam layanan tersebut tergolong rendah, sehingga menyebabkan masalah psikologis dan akademik tidak terdeteksi sejak dini. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, Program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini dirancang dengan tujuan utama meningkatkan kapasitas guru BK dalam menerapkan Teknik Konseling Positif, memberikan pemahaman dan keterampilan kepada siswa tentang cara mengelola stres dan meningkatkan motivasi belajar, serta meningkatkan partisipasi siswa dalam memanfaatkan layanan BK. Kegiatan ini telah dilaksanakan dalam bentuk workshop dan sosialisasi selama satu hari, melibatkan guru BK, siswa, dan tim PKM. Metode yang digunakan adalah penyuluhan dan pelatihan (PPM), dengan pendekatan interaktif dan praktis untuk memastikan peserta dapat langsung mengaplikasikan materi yang diberikan. Dampak yang diharapkan dari kegiatan ini adalah meningkatnya efektivitas layanan BK, berkurangnya tingkat stres akademik siswa, serta terciptanya motivasi belajar yang lebih tinggi. Dengan demikian, diharapkan tercipta lingkungan belajar yang lebih positif dan mendukung perkembangan siswa secara holistik.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ary Suud Cahyo Alben, Enjoni; Heri Effendi Heri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Pernyataan Hak Cipta dan Lisensi
Hak Cipta :
Penulis yang mempublikasikan naskahnya pada Jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
Hak cipta pada setiap artikel adalah milik penulis.
- Penulis mengakui bahwa Jurnal Implementasi Riset (IRIS) berhak sebagai yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif dari naskah yang telah terbit di jurnal ini ke dalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi kedalam buku, dan lain-lain), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Jurnal Implementasi Riset (IRIS).
Lisensi :
Jurnal IRIS diterbitkan berdasarkan ketentuan Creative Commons Attribution 4.0 International License. Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun, menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial, selama mereka mencantumkan kredit kepada Penulis atas ciptaan asli.



