Program Bimbingan Konseling Integratif untuk Mengatasi Masalah Psikologis dan Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa SMAN 3 Pariaman

Authors

  • Ary Suud Cahyo Alben Universitas Bung Hatta
  • Enjoni Universitas Bung Hatta
  • Heri Effendi Heri Universitas Bung Hatta

Keywords:

Bimbingan Konseling, Teknik Konseling Positif, Motivasi Belajar, Manajemen Stres.

Abstract

SMA Negeri 3 Pariaman, salah satu sekolah menengah atas terkemuka di Kota Pariaman, Sumatera Barat, menghadapi beberapa permasalahan mendasar terkait layanan Bimbingan Konseling (BK) dan kesejahteraan psikologis siswa. Permasalahan tersebut meliputi keterbatasan sumber daya manusia, sehingga layanan yang diberikan kurang optimal. Selain itu, tingginya tingkat stres akademik juga menjadi masalah serius, di mana siswa sering merasa cemas dengan tuntutan akademik,sehingga berdampak pada menurunnya motivasi belajar. Di sisi lain, minimnya pemahaman siswa tentang manfaat layanan BK menyebabkan partisipasi dalam layanan tersebut tergolong rendah, sehingga menyebabkan masalah psikologis dan akademik tidak terdeteksi sejak dini. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, Program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini dirancang dengan tujuan utama meningkatkan kapasitas guru BK dalam menerapkan Teknik Konseling Positif, memberikan pemahaman dan keterampilan kepada siswa tentang cara mengelola stres dan meningkatkan motivasi belajar, serta meningkatkan partisipasi siswa dalam memanfaatkan layanan BK. Kegiatan ini telah dilaksanakan dalam bentuk workshop dan sosialisasi selama satu hari, melibatkan guru BK, siswa, dan tim PKM. Metode yang digunakan adalah penyuluhan dan pelatihan (PPM), dengan pendekatan interaktif dan praktis untuk memastikan peserta dapat langsung mengaplikasikan materi yang diberikan. Dampak yang diharapkan dari kegiatan ini adalah meningkatnya efektivitas layanan BK, berkurangnya tingkat stres akademik siswa, serta terciptanya motivasi belajar yang lebih tinggi. Dengan demikian, diharapkan tercipta lingkungan belajar yang lebih positif dan mendukung perkembangan siswa secara holistik.

Downloads

Published

2025-12-01