Program Pelatihan Kebugaran Fisik untuk Mendorong Prestasi Akademik Siswa di Sekolah SMA 3 Pariaman

Program Pelatihan Kebugaran Fisik untuk Mendorong Prestasi Akademik Siswa di Sekolah SMA 3 Pariaman

Authors

  • Ary Suud Cahyo Alben Universitas Bung Hatta
  • Ali Mardius Ali Universitas Bung Hatta
  • Heri Effendi Heri Universitas Bung Hatta

DOI:

https://doi.org/10.37301/iris.v5i2.167

Keywords:

kebugaran fisik, prestasi akademik, pelatihan siswa, PKM

Abstract

Kebugaran fisik merupakan salah satu faktor penting yang berkontribusi terhadap prestasi akademik dan olahraga siswa. Program Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) ini dilaksanakan di SMA Negeri 3 Pariaman dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman, pengalaman, serta komitmen siswa dalam menjaga kebugaran fisik. Kegiatan diikuti oleh 40 peserta yang terdiri dari 37 siswa dan 3 guru pendamping. Metode pelaksanaan meliputi pemberian teori mengenai pengertian, komponen, dan manfaat kebugaran fisik, penjelasan hubungan kebugaran dengan prestasi akademik, serta praktik latihan fisik terstruktur, yang diakhiri dengan pengisian kuesioner evaluasi. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa pada indikator pemahaman materi, mayoritas peserta (70,6% setuju dan 29,4% sangat setuju) memahami komponen kebugaran fisik, hubungan olahraga teratur dengan konsentrasi belajar (52,9% setuju dan 47,1% sangat setuju), serta jenis latihan fisik yang sesuai dengan usia pelajar (70,6% setuju dan 29,4% sangat setuju). Pada indikator pengalaman selama pelatihan, peserta merasa senang dan termotivasi (52,9% setuju dan 47,1% sangat setuju), berpartisipasi aktif (58,8% setuju dan 41,2% sangat setuju), serta menilai penyampaian materi menarik (70,6% setuju dan 29,4% sangat setuju). Selanjutnya, pada indikator dampak dan evaluasi diri, peserta menunjukkan komitmen positif, antara lain bersemangat berolahraga rutin (82,4% setuju dan 17,6% sangat setuju), berkomitmen menerapkan latihan di luar kegiatan (76,5% setuju dan 23,5% sangat setuju), serta menyebarkan pemahaman kebugaran fisik kepada teman sebaya (70,6% setuju dan 29,4% sangat setuju). Dengan demikian, program ini efektif dalam meningkatkan pengetahuan, pengalaman, serta komitmen siswa terhadap kebugaran fisik. Rekomendasi yang diberikan adalah perlunya keberlanjutan program, peningkatan peran guru pendamping, serta pengintegrasian aspek pola hidup sehat lainnya agar manfaat program lebih optimal dan berkelanjutan

Downloads

Published

2025-10-30