PEMANFAATAN MARKETPLACE MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA EDUKASI SISWA SMA N 1 PASAMAN UNTUK BELAJAR BERWIRAUSAHA BERBASIS ONLINE DALAM RANGKA MENINGKATKAN PEREKONOMIAN DI MASA PANDEMI COVID 19

PEMANFAATAN MARKETPLACE MEDIA SOSIAL

Authors

  • siti rahmi Universitas Bung Hatta
  • Purbo Jadmiko
  • nailal husna
  • Marchelino Panji Moniza

Abstract

Tantangan yang dihadapi dalam pembangunan suatu negara adalah mengatasi masalah pengangguran. Pengangguran seringkali menjadi masalah bagi setiap negara. Ketimpangan penawaran dengan permintaan pasar kerja sering kali terjadi dan memperburuk kondisi tersebut. Data Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) di Indonesia per Februari 2019 berdasarkan tingkat pendidikan didominasi dari tamatan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sebesar 10,42% dan Sekolah Menengah Atas (SMA) sebesar 7,92%. Urutan berikutnya adalah Diploma I-III (5,99%), Universitas (5,67%), SMP (4,75%), dan SD (2,47%).

 

Menindaklanjuti fenomena permasalahan diatas, dibutuhkan kerja sama oleh berbagai pihak untuk dapat menurunkan angka pengangguran terbuka salah satunya adalah mendorong dan memotivasi siswa untuk merubah mindset mencari pekerjaan (job seeker) dengan menciptakan pekerjaan (job creator). Cara lain yang juga dapat ditempuh ialah dengan memotivasi agar dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi. Selain itu, upaya lain yang dapat dilakukan oleh sekolah adalah dengan membekali siswa dan siswa dalam pemanfaatan media sosial “marketplace” sebagai sarana belajar berwirausaha berbasis online. Praktik-praktik bisnis online saat ini membuka kesempatan kepada siapapun termasuk siswa-siswi SMA N 1 Pasaman untuk belajar berbisnis sejak dini. Usaha ini tidak lain untuk membekali mereka tentang pengetahui bagaimana berbisnis secara online (dropship) dan membekali mereka untuk mampu menghasilkan pendapatan tambahan

 

Kata kunci; Wirausaha, Marketplace,Media Sosial,  Bisnis Online

 

References

Darwanto, Swastawati, F., dan Martono, K., T., (2015). Strategi Start-Up Bisnis Bagi Wirausaha Mahasiswa Berbasis Riset Inovasi Ipteks Perguruan Tinggi. Prosiding Setrinov Vol. 001, Tahun 2015, ISSN: 2477 – 2097. hal. 644-650

Kuntadi, E., (2015). Peranan Pengusaha Daerah Dalam Menghadapi MEA 2015, KADIN DKI Jakarta.

Leny Muniroh ,Diah, Hurriyaturrohman .Pelatihan Pemasaran Secara Online Fakultas Ekonomi Universitas Ibn Khaldun : Bogor

Sulastri, R.E., dan Dilastri, N., (2015). Peran Pemerintah dan Akademisi dalam Memajukan Industri Kreatif Kasus pada UKM Kerajinan Sulaman di Kota Pariaman, Prosiding Seminar Nasional Ekonomi Manajemen dan Akuntansi (SNEMA), Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang, ISBN: 978-602-17129-5-5.

https://repository.usm.ac.id/files/dedication/G081/20180517094026-Peningkatan Penggunaan Social Learning Network Bagi Siswa Siswi SMA Institut Indonesia Semarang

www.https://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/sekolah/69634DBA859269F8DF56 diakses 20 Januari 2021

www.https://www.sman1pasaman.sch.id/read/2/profil diakses 2 Februari 2021

www.bps.go.id diakses 5 Februari 2021

www.portal.bunghatta.ac.id diakses 6 Maret 2021

https://www.liputan6.com/news/read/3161378/wirausaha-solusi-mengurangi-pengangguran diakses 8 April 2021

Downloads

Published

2021-09-29