PELATIHAN PEMBUATAN E-MODUL UNTUK MENDUKUNG PROSES PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI
Keywords:
PKM, e-module, AndroidAbstract
Community Service Activities (PKM) aim to provide training to prospective teachers on making android-based e-modules. The training method consists of three stages, namely the preparation stage, the implementation stage and the evaluation stage. The preparation stage conducts a survey of the needs of prospective teachers regarding learning devices, the implementation stage is conducting training on the creation of an Android-based e-module while the evaluation stage is carried out by providing a satisfaction questionnaire on the implementation of the training to all training participants. he research instrument uses a questionnaire with data analysis in the form of the percentage of satisfaction with the training. The results obtained that the training participants were very satisfied with the training activities in terms of event preparation, materials, training activities, and consumption services.
References
A. M. Abuhmaid, “The efficiency of online learning environment for implementing project-based learning: Students’ perceptions,” Int. J. High. Educ., vol. 9, no. 5, pp. 76–83, 2020.
R. Susilana, F. Hutagalung, and M. R. Sutisna, “Students ’ Perceptions toward Online Learning in Higher Education in Indonesia during COVID-19 Pandemic,” Elem. Educ. Online, vol. 19, no. 4, pp. 9–19, 2020.
H. Sofyan and S. Hartati, “Developing e-module local wisdom based for learning at kindergarten in Jambi, Indonesia,” Elem. Educ. Online, vol. 19, no. 4, pp. 2074–2085, 2020.
K. Suryani, I. S. Utami, Khairudin, Ariska, and A. F. Rahmadani, “Pengembangan Modul Digital berbasis STEM menggunakan Aplikasi 3D FlipBook pada Mata Kuliah Sistem Operasi,” J. Mimb. Ilmu, vol. 25, no. 3, pp. 358–367, 2020.
N. Sugihartini and N. L. Jayanta, “Pengembangan E-Modul Mata Kuliah Strategi Pembelajaran,” J. Pendidik. Teknol. dan Kejuru., vol. 14, no. 2, pp. 221–230, 2017.
L. D. Samiu, “RANCANG BANGUN APLIKASI E-MODUL GUNA PEMANFAATAN,” Elem. Educ. Online, vol. 9, no. 2, pp. 71–78, 2021.
U. Hasanah, N. Dewi, and I. Rosyida, “Self-Efficacy Siswa SMP Pada Pembelajaran Model Learning Cycle 7E (Elicit , Engange , Explore , Explain , Elaborate , Evaluate , and Extend),” Prism. Pros. Semin. Nas. Mat., vol. 2, pp. 551–555, 2019.
C. CINDRA DEWI, “Pengembangan Modul Pembelajaran Pada Kompetensi Dasar Menerapkan Komunikasi Bisnis Kelas X Pemasaran Di Smk Negeri 1 Jombang,” J. Pendidik. Tata Niaga, vol. 6, no. 3, pp. 533–538, 2018.
R. Dermawan & Fahmi, “Pengembangan e-modul berbasis web pada mata pelajaran pembuatan busana industri,” J. Pedagog. dan Pembelajaran, vol. 3, no. 3, pp. 508–515, 2020.
Vigi Astina and Siti Sri Wulandari, “Pengembangan E-Modul Mata Pelajaran Sarana Dan Prasarana Kelas Xii Otkp Smk Ipiems Surabaya E-Module,” J. Ilmu dan Pendidik. Ekon., vol. 5, no. 2, pp. 126–134, 2021.
A. H. Nisa, M. Mujib, and R. W. Y. Putra, “Efektivitas E-Modul dengan Flip Pdf Professional Berbasis Gamifikasi Terhadap Siswa SMP,” J. Pendidik. Mat. Raflesia, vol. 05, no. 02, pp. 14–25, 2020.
K. W. B. Putra, I. M. A. Wirawan, and G. A. Pradnyana, “Pengembangan E-Modul Berbasis Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Mata Pelajaran ‘Sistem Komputer’ Untuk Siswa Kelas X Multimedia Smk Negeri 3 Singaraja,” J. Pendidik. Teknol. dan Kejuru., vol. 14, no. 1, pp. 40–49, 2017.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Karmila Suryani, Rini Widyastuti, Ade Fitri Rahmadani, Ashabul Khairi, Gufron
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Pernyataan Hak Cipta dan Lisensi
Hak Cipta :
Penulis yang mempublikasikan naskahnya pada Jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
Hak cipta pada setiap artikel adalah milik penulis.
- Penulis mengakui bahwa Jurnal Implementasi Riset (IRIS) berhak sebagai yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif dari naskah yang telah terbit di jurnal ini ke dalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi kedalam buku, dan lain-lain), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Jurnal Implementasi Riset (IRIS).
Lisensi :
Jurnal IRIS diterbitkan berdasarkan ketentuan Creative Commons Attribution 4.0 International License. Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun, menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial, selama mereka mencantumkan kredit kepada Penulis atas ciptaan asli.