PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DALAM MENGEMBANGKAN POTENSI WISATA PANORAMA TABEK PATAH

PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DALAM MENGEMBANGKAN POTENSI WISATA PANORAMA TABEK PATAH

Authors

  • Linda Wati Universitas Bung Hatta

DOI:

https://doi.org/10.37301/iris.v2i2.55

Keywords:

Objek Wisata; Panorama Tabek Patah; Pemberdayaan Masyarakat

Abstract

Sektor pariwisata dapat menjadi kekuatan yang besar sebagai pendorong untuk pembangunan daerah. Pengelolaan pariwisata secara baik dan profesional dapat meningkatkan pendapatan masyarakat dan Pendapatan Asli Daerah. Salah satu objek wisata di Kabupaten Tanah Datar adalah objek wisata Panorama Tabek Patah yang berada di kecamatan Salimpaung. Di kawasan ini baru memiliki kelompok yang memiliki kepedulian dalam kegiatan pariwisata yakni Kelompok Sadar Pariwisata (Pokdarwis) dengan anggota yang berasal dari perwakilan pemuda setempat. Berdasarkan observasi yang dilakukan, terdapat beberapa permasalahan yang  dalam pengelolaan pariwisata yakni minimnya kapasitas SDM. Program pengembangan yang dirancang  untuk  pengembangan  kawasan objek wisata Tabek Patah dengan pemberdayaan ekonomi kreatif di Nagari Tabek Patah  melalui kegiatan pengembangan desa wisata.  Kegiatan dilakukan dengan pendekatan pada tiga sisi pengembangan yaitu : pada kelembagaan desa wisata, objek dan daya tarik wisata, dan sarana serta prasarana wisata. Adapun program yang ditujukan kepada  masyarakat baik UMKM maupun PokdarwisMetode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah tutorial dan praktek langsung.  Program pelatihan sablon untuk cendra mata dilaksanakan pada tanggal 13 Juni 2022 di Aula Kantor Wali Nagari Tabek Patah yang diikuti oleh 20 orang peserta. Kegiatan pelatihan ini diharapkan dapat memotivasi untuk mengembangkan potensi pariwisata di Tabek Patah.

References

Irda, I., Yuliviona, R., & Azliyanti, E. (2019). Pengaruh Islamic Attributes dan Quality Service Terhadap Islamic Tourist Satisfaction Wisatawan Mancanegara yang Berkunjung di Kota Padang. Syi`ar Iqtishadi?: Journal of Islamic Economics, Finance and Banking, 3(1), 99. https://doi.org/10.35448/jiec.v3i1.5517

Masjhoer, J. M., & Dzulkifli, M. (2019). Analisis Kepuasan Wisatawan Di Desa Ekowisata Pancoh, Kabupaten Sleman. Jurnal Pariwisata Pesona, 4(2), 105–115. https://doi.org/10.26905/jpp.v4i2.3084

Riyanto, K., Kustina, L., & Fathurohman, F. (2021). Pemberdayaan Ekonomi Kreatif di Desa Sukaresmi melalui Daur Ulang Plastik Kresek menjadi Hiasan yang Bernilai Ekonomi. Dedikasi Sains Dan Teknologi, 1(1), 57–62. https://doi.org/10.47709/dst.v1i1.1001

Ugy Soebiyantoro. (2009). Pengaruh Ketersediaan Sarana Prasarana, Sarana Transportasi Terhadap Kepuasan Wisatawan. Jurnal Manajemen Pemasaran, 4(1), 16–22. http://puslit2.petra.ac.id/ejournal/index.php/mar/article/view/18082

Yuliviona, R., Azliyanti, E., Tasri, E. S., & Lindawati. (2021). The effect of tourist attraction, location and promotion toward local tourist decision visit to Air Manis beach in Padang city in new normal policy. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 747(1). https://doi.org/10.1088/1755-1315/747/1/012085

Downloads

Published

2022-03-28