Penguatan Nilai-Nilai Pancasila Guna Membangun Kecerdasan Berideologi Pada Warga Belajar di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM)

Penguatan Nilai-Nilai Pancasila

Authors

  • cici nur azizah marsil universitas bung hatta

Keywords:

Kata kunci; Nilai-nilai Pancasila, Ideologi, Warga Belajar, PKBM

Abstract

ABSTRAK

Nilai-nilai Pancasila harus terus dilestarikan melalui sosialisasi dan internalisasi kepada semua warga Negara termasuk warga belajar yang notabene para generasi penerus bangsa. Warga belajar ini menempuh jalur pendidikan non formal untuk menyetarakan pendidikannya dengan formal. Pendidikan non formal merupakan salah satu bagian dari pendidikan nasional, dimana warga   belajar   dapat   mengikuti   kegiatan   belajar   yang   mandiri   melalui   penguatan pemberdayaan pendidikan Dengan demikian diharapkan warga belajar yang menjadikan PKBM sebagai  alternatif melanjutkan pendidikan,  mempunyai kesetaraan dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh masyarakat dari pendidikan formal serta mengamalkan nilai-nilai pancasila dalam kehidupannya guna membangun kecerdasan berideologi.

Rangkaian kegiatan pengabdian ini terlebih dahulu dimulai dengan penyampaian materi dan diskusi dalam seminar yang diadakan untuk warga belajar dan pemakaian media Diary Pancasila yang ditujukan untuk memperkuat nilai-nilai pancasila guna membangun kecerdasan berideologi di kalangan warga belajar di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM). Kegiatan pengabdian masyarakat akan dilaksanakan di PKBM Sakato Kenagarian Gurun Panjang Kecamatan Bayang dengan pertimbangan bahwa program warga belajar di PKBM ini berjalan dengan lancar warga belajarnya juga banyak berjumlah 160 orang yang berasal dari berbagai daerah di Pesisir Selatan dan sekitarnya sehingga dinilai pas untuk pelaksanaan pengabdian agar warga belajar bisa teredukasi dengan baik dan menjadi agen pancasila di lingkungan tempat tinggalnya.

 

References

Anggraini, D., Fathari, F., Anggara, J. W., & Ardi Al Amin, M. D. (2020). Pengamalan Nilai-Nilai Pancasila Bagi Generasi Milenial. Jurnal Inovasi Ilmu Sosial Dan Politik, 2(1), 11. https://doi.org/10.33474/jisop.v2i1.4945

Azizah, C. N., Moeis, I., & Indrawadi, J. (2020). Toleransi dan berpikiran terbuka di masa pandemi Covid-19: Belajar dari masyarakat transmigrasi" Malakok" di Minangkabau. … Pendidikan: Fondasi Dan …, 8(2), 97–104. https://journal.uny.ac.id/index.php/jppfa/article/view/38572

Creswell, Jhon W. 2016. Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan

Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Damanhuri, D., Bahrudin, F. A., Legiani, W. H., & Rahman, I. N. (2016). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Sebagai Upaya Pembangunan Karakter Bangsa. Untirta Civic Education Journal, 1(2), 185–198. https://doi.org/10.30870/ucej.v1i2.1890

Di, P. C., & Aditya, P. (2021). JoCE?; Journal of Community Education PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KARAKTER BAGI WARGA BELAJAR PAKET C DI PKBM ADITYA KARAWANG Ariq Rahmanianto 1 , Dayat Hidayat 2 , Tika Santika 3. 1–5.

Franky Rengkung2 & Johny P. Lengkong. (2020). Pentingnya Revitalisasi Pemahaman Nilai-Nilai Pancasila Untuk Mencegah Mekarnya Radikalisme Pada Generasi Muda. Jurnal Politico, 9(4).

Hermawan, R., & Wicaksono, V. D. (2021). Analisis Penanaman Nilai-Nilai Pancasila Melalui Metode Penugasan Pada Pembelajaran Ppkn Secara Daring Kelas V Sdn Balasklumprik I Surabaya. Jpgsd, 09(07), 2861–2870.

Hummelstedt, I. P., Holm, G. I. M., Sahlström, F. J., & Zilliacus, H. A. C. (2021). Diversity as the new normal and persistent constructions of the immigrant other – Discourses on multicultural education among teacher educators. Teaching and Teacher Education, 108. https://doi.org/10.1016/j.tate.2021.103510

Mu’arifuddin, T. J. R. T. S. & M. (2016). Peran Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Dalam Menanggulangi Kemiskinan Melalui Pendidikan Nonformal Di Jawa Tengah. Journal of Nonformal Education, 2(1). https://doi.org/10.24914/jne.v2i1.5310

Nur Fadhila, H. I., & Najicha, F. U. (2021). Pentingnya Memahami Dan Mengimplementasikan Nilai-Nilai Pancasila Di Lingkungan Masyarakat. Pro Patria: Jurnal Pendidikan, Kewarganegaraan, Hukum, Sosial, Dan Politik, 4(2), 204–212. https://doi.org/10.47080/propatria.v4i2.1303

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung :

Alfabeta, CV.

Septiani, M. (2015). Pengalaman Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (Pkbm) Dalam Memfasilitasi Masyarakat Belajar Sepanjang Hayat. JIV-Jurnal Ilmiah Visi, 10(2), 67–76. https://doi.org/10.21009/jiv.1002.1

Wardana, D. J., Handayani, A., Rahim, A. R., Sukaris, S., & Fauziyah, N. (2021). Sosialisasi Pentingnya Nilai–Nilai Pancasila. DedikasiMU(Journal of Community Service), 3(1), 770. https://doi.org/10.30587/dedikasimu.v3i1.2357

Downloads

Published

2022-09-28