Penguatan Nilai-Nilai Pancasila Guna Membangun Kecerdasan Berideologi Pada Warga Belajar di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM)
Penguatan Nilai-Nilai Pancasila
Keywords:
Kata kunci; Nilai-nilai Pancasila, Ideologi, Warga Belajar, PKBMAbstract
ABSTRAK
Nilai-nilai Pancasila harus terus dilestarikan melalui sosialisasi dan internalisasi kepada semua warga Negara termasuk warga belajar yang notabene para generasi penerus bangsa. Warga belajar ini menempuh jalur pendidikan non formal untuk menyetarakan pendidikannya dengan formal. Pendidikan non formal merupakan salah satu bagian dari pendidikan nasional, dimana warga belajar dapat mengikuti kegiatan belajar yang mandiri melalui penguatan pemberdayaan pendidikan Dengan demikian diharapkan warga belajar yang menjadikan PKBM sebagai alternatif melanjutkan pendidikan, mempunyai kesetaraan dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh masyarakat dari pendidikan formal serta mengamalkan nilai-nilai pancasila dalam kehidupannya guna membangun kecerdasan berideologi.
Rangkaian kegiatan pengabdian ini terlebih dahulu dimulai dengan penyampaian materi dan diskusi dalam seminar yang diadakan untuk warga belajar dan pemakaian media Diary Pancasila yang ditujukan untuk memperkuat nilai-nilai pancasila guna membangun kecerdasan berideologi di kalangan warga belajar di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM). Kegiatan pengabdian masyarakat akan dilaksanakan di PKBM Sakato Kenagarian Gurun Panjang Kecamatan Bayang dengan pertimbangan bahwa program warga belajar di PKBM ini berjalan dengan lancar warga belajarnya juga banyak berjumlah 160 orang yang berasal dari berbagai daerah di Pesisir Selatan dan sekitarnya sehingga dinilai pas untuk pelaksanaan pengabdian agar warga belajar bisa teredukasi dengan baik dan menjadi agen pancasila di lingkungan tempat tinggalnya.
References
Anggraini, D., Fathari, F., Anggara, J. W., & Ardi Al Amin, M. D. (2020). Pengamalan Nilai-Nilai Pancasila Bagi Generasi Milenial. Jurnal Inovasi Ilmu Sosial Dan Politik, 2(1), 11. https://doi.org/10.33474/jisop.v2i1.4945
Azizah, C. N., Moeis, I., & Indrawadi, J. (2020). Toleransi dan berpikiran terbuka di masa pandemi Covid-19: Belajar dari masyarakat transmigrasi" Malakok" di Minangkabau. … Pendidikan: Fondasi Dan …, 8(2), 97–104. https://journal.uny.ac.id/index.php/jppfa/article/view/38572
Creswell, Jhon W. 2016. Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan
Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Damanhuri, D., Bahrudin, F. A., Legiani, W. H., & Rahman, I. N. (2016). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Sebagai Upaya Pembangunan Karakter Bangsa. Untirta Civic Education Journal, 1(2), 185–198. https://doi.org/10.30870/ucej.v1i2.1890
Di, P. C., & Aditya, P. (2021). JoCE?; Journal of Community Education PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KARAKTER BAGI WARGA BELAJAR PAKET C DI PKBM ADITYA KARAWANG Ariq Rahmanianto 1 , Dayat Hidayat 2 , Tika Santika 3. 1–5.
Franky Rengkung2 & Johny P. Lengkong. (2020). Pentingnya Revitalisasi Pemahaman Nilai-Nilai Pancasila Untuk Mencegah Mekarnya Radikalisme Pada Generasi Muda. Jurnal Politico, 9(4).
Hermawan, R., & Wicaksono, V. D. (2021). Analisis Penanaman Nilai-Nilai Pancasila Melalui Metode Penugasan Pada Pembelajaran Ppkn Secara Daring Kelas V Sdn Balasklumprik I Surabaya. Jpgsd, 09(07), 2861–2870.
Hummelstedt, I. P., Holm, G. I. M., Sahlström, F. J., & Zilliacus, H. A. C. (2021). Diversity as the new normal and persistent constructions of the immigrant other – Discourses on multicultural education among teacher educators. Teaching and Teacher Education, 108. https://doi.org/10.1016/j.tate.2021.103510
Mu’arifuddin, T. J. R. T. S. & M. (2016). Peran Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Dalam Menanggulangi Kemiskinan Melalui Pendidikan Nonformal Di Jawa Tengah. Journal of Nonformal Education, 2(1). https://doi.org/10.24914/jne.v2i1.5310
Nur Fadhila, H. I., & Najicha, F. U. (2021). Pentingnya Memahami Dan Mengimplementasikan Nilai-Nilai Pancasila Di Lingkungan Masyarakat. Pro Patria: Jurnal Pendidikan, Kewarganegaraan, Hukum, Sosial, Dan Politik, 4(2), 204–212. https://doi.org/10.47080/propatria.v4i2.1303
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung :
Alfabeta, CV.
Septiani, M. (2015). Pengalaman Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (Pkbm) Dalam Memfasilitasi Masyarakat Belajar Sepanjang Hayat. JIV-Jurnal Ilmiah Visi, 10(2), 67–76. https://doi.org/10.21009/jiv.1002.1
Wardana, D. J., Handayani, A., Rahim, A. R., Sukaris, S., & Fauziyah, N. (2021). Sosialisasi Pentingnya Nilai–Nilai Pancasila. DedikasiMU(Journal of Community Service), 3(1), 770. https://doi.org/10.30587/dedikasimu.v3i1.2357
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Cici Nur Azizah, Pebriyenni, Nursi, Syofiani, Muslim, Sumarni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Pernyataan Hak Cipta dan Lisensi
Hak Cipta :
Penulis yang mempublikasikan naskahnya pada Jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
Hak cipta pada setiap artikel adalah milik penulis.
- Penulis mengakui bahwa Jurnal Implementasi Riset (IRIS) berhak sebagai yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif dari naskah yang telah terbit di jurnal ini ke dalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi kedalam buku, dan lain-lain), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Jurnal Implementasi Riset (IRIS).
Lisensi :
Jurnal IRIS diterbitkan berdasarkan ketentuan Creative Commons Attribution 4.0 International License. Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun, menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial, selama mereka mencantumkan kredit kepada Penulis atas ciptaan asli.