PELATIHAN RENANG GAYA DADA METODE WATER GAMES BAGI ANAK-ANAK USIA SEKOLAH DASAR
PELATIHAN RENANG GAYA DADA METODE WATER GAMES BAGI ANAK-ANAK USIA SEKOLAH DASAR
Abstract
Pelatihan renang gaya dada metode water games ini dilaksanakan dengan tujuan memberikan pelatihan kepada anak-anak usia sekolah dasar yaitu memberikan Pelatihan renang gaya dada yang dilakukan menggunakan metode water games atau permainan air ini memberikan dampak positif terhadap peningkatan renang gaya dada anak usia sekolah dasar di Perkumpulan renang SeaRIA Aquatic. Solusi atas permasalahan yang dialami sebagai upaya peningkatan hasil renang gaya dada yaitu dengan memberikan latihan renang gaya dada menggunakan metode water games/permainan air, menggunakan media bola karet yang besar dan kecil dan juga koin, sehingga anak-anak berani dan mampu melakukan pengenalan air dan renang gaya dada yang baik. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dengan memberikan pelatihan kepada anak-anak usia sekolah dasar tentang renang gaya dada yang baik dan benar menggunakan metode water games atau permainan air memberikan manfaat yang baik untuk anak-anak usia sekoah dasar daam berlatih renang gaya dada. Kegiatan pelatihan ini memberikan kesempatan kepada anak-anak usia sekolah dasar untuk memberanikan diri di dalam air kolam dan dapat melakukan renang gaya dada dengan baik dan benar menggunakan metode water games/permainan air.
References
Intan Rizka Ginting, Dkk. 2020. Model Permainan Air “Swimming Couple With Pull Buoy” Untuk Meningkatkan Kecepatan Renang Gaya Bebas. Mendidik: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pengajaran, 2020, Vol. 6 No. 2, Page: 146-151.
Ermawan Susanto, 2016. Model Permainan Air (Water Fun Games) Untuk Meningkatkan Potensi Berenang Dan Perilaku Karakter Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia Vol 12, Nomor 2, November 2016. Diterbitkan Oleh: Jurusan Pendidikan Olahraga Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta.
Yusrifar Mujibuddin, Dkk. 2018. Model Pembelajaran Pernapasan Renang Melalui Permainan Di Air Untuk Siswa Prasekolah Dan Taman Kanak-Kanak. Jpja-Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Adaptif Vol 1, No 02, November 2018. Universitas Negeri Jakarta
Ayi Rahmat. 2018. Model Pengenalan Air Dengan Metode Bermain Pada Olahraga Renang Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Setia Budhi Vol. 1 No. 2 Januari 2018. ISSN. 2580 – 9466
Dokumentasi Pribadi
Downloads
Published
Versions
- 2023-09-20 (2)
- 2022-09-28 (1)
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Meiriani Armen, Apriyanti Rahmalia, Ira Rahmayuni Jusar, Muhammad Nur Iqbal, Rian Febriyanto5
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Pernyataan Hak Cipta dan Lisensi
Hak Cipta :
Penulis yang mempublikasikan naskahnya pada Jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
Hak cipta pada setiap artikel adalah milik penulis.
- Penulis mengakui bahwa Jurnal Implementasi Riset (IRIS) berhak sebagai yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif dari naskah yang telah terbit di jurnal ini ke dalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi kedalam buku, dan lain-lain), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Jurnal Implementasi Riset (IRIS).
Lisensi :
Jurnal IRIS diterbitkan berdasarkan ketentuan Creative Commons Attribution 4.0 International License. Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun, menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial, selama mereka mencantumkan kredit kepada Penulis atas ciptaan asli.