Pelatihan Menghadapi Kompetisi Karya Tulis Ilmiah Kejepangan Yang Dipresentasikan Bagi Pelajar Di SMA Negeri 5 Padang
Pelatihan Menghadapi Kompetisi Karya Tulis Ilmiah Kejepangan
Abstract
Bahasa Jepang tidak hanya menjadi salah satu mata pelajaran bahasa asing yang berupa materi dalam kelas akan tetapi menjadi bagian materi untuk dikompetisikan. Karya Tulis Ilmiah (KTI) menjadi salah satu objek perlombaan yang dikompetisikan bagi pelajar SMA/SMK sederajat. Namun, ditemukan sejumlah persoalan yang menjadi penghambat seperti kurang paham mencari ide, konsep dasar dan aturan penulisan KTI serta kesantunan berbahasa dalam mempresentasikan di depan publik, terlebih untuk bidang kejepangan. KEgiatan pengabdian kepada masyarat ini berupa pelatihan. SMAN 5 Padang menjadi mitra dalam kegiatan PKM yang sasarannya adalah pelajar dan guru mata pelajaran terkait yang berjumlah 53 peserta. Terdapat tiga narasumber yang memberikan pelatihan dan pendampingan terkait dengan kepenulisan KTI, pembuatan konten kreatif, dan public speaking. Pelaksanaan PKM ini menggunakan metode observasi lapangan, wawancara, presentasi, diskusi, praktik lapangan, dan pendampingan, yang terbagi menjadi 4 tahapan mulai dari persiapan, pelatihan, pendampingan dan evaluasi. Untuk laporan kemajuan ini sudah dilaksanakan kegitan persiapan dan pelatihan. Luaran PKM ini artikel yang dipublikasikan pada media online dan jurnal berputasi
References
Alam, Syamsul. (2015). Penulisan Artikel Ilmiah Untuk Publikasi Ilmiah Melalui Jurnal. Jurnal E-Buletin, (April), 1–19.
Darmawan Napitupulu. (2020). Menulis Artikel Ilmiah Untuk Publikasi. Yayasan Kita Menulis.
Istislami, Y., Susetyo, S., & Suhartono, S. (2019). Pelaksanaan Pembelajaran Menulis Karya Ilmiah Siswa Kelas XI SMA Negeri 4 Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah KORPUS, 3(3), 381–388. https://doi.org/10.33369/jik.v3i3.9485
Kumalasari, D., Rokhman, M. N., & Zulkarnain. (2015). Pelatihan dan Pendampingan Penulisan Karya Ilmiah Sejarah Berwawasan Pendidikan Karakter.
Laplante, P.A., (2012), Technical Writing; A Practical Guide for Engineers and Scientist, CRC Press, New York.
Lester, J.D., & Lester Jr., J.D, (2012), Writing Research Paper, Pearson, New York.
Muhammad Farid. (2017). Menulis Artikel Ilmiah: Proses Menemukan Ide Hingga Publikasi. Universitas Negeri Makasar.
Purnamasari, I., Hayati, M. N., & Yuniarti, D. (2020). Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Untuk Mendorong Peningkatan Kualitas Siswa Tingkat SMA. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 248–252. http://dx.doi.org/10.30651/aks.v4i2.3565
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Vigih Hery Kristanto. (2018). Metodologi Penelitian Pedoman Penulisan Karya Tulis
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Diana Kartika, Syahrial, Eduardus Agusli
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Pernyataan Hak Cipta dan Lisensi
Hak Cipta :
Penulis yang mempublikasikan naskahnya pada Jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
Hak cipta pada setiap artikel adalah milik penulis.
- Penulis mengakui bahwa Jurnal Implementasi Riset (IRIS) berhak sebagai yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif dari naskah yang telah terbit di jurnal ini ke dalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi kedalam buku, dan lain-lain), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Jurnal Implementasi Riset (IRIS).
Lisensi :
Jurnal IRIS diterbitkan berdasarkan ketentuan Creative Commons Attribution 4.0 International License. Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun, menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial, selama mereka mencantumkan kredit kepada Penulis atas ciptaan asli.